Selasa, 25 Februari 2020

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jr Pass


Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jr Pass-JR Pass adalah pass khusus wisatawan mancanegara untuk menikmati layanan transportasi. Tergantung jenis pass yang dipilih, kamu bisa mengakses begitu banyak jalur kereta yang dioperasikan oleh Japan Railways.

Termasuk semua kereta yang tercakup dalam jaringan  Jr Pass seperti JR Kyushu, JR Shikoku, JR West, JR Center, JR East dan JR Hokkaido. Bahkan, kamu pun bisa mengakses sarana transportasi lain seperti JR Bus, JR Ferry dan monorail.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jr Pass

Jelajahi Jepang menggunakan kereta
Dengan tarif pesawat yang kini semakin terjangkau kurang lebih Rp 3 jutaan saja, traveling ke Jepang seakan sudah menjadi hal lumrah pada musim apapun di sepanjang tahun. Ironisnya, justru biaya perjalanan di dalam negara itu sendiri yang lebih mahal.

Seringkali, hal ini menghentikan niat para traveler untuk berkeliling kota. Sementara JR Pass berlaku untuk traveler dari luar negeri (non Jepang) dengan status ‘Temporary Visitor’.

Status ini memungkinkan kamu tinggal di Jepang tidak lebih dari 3 bulan. Dengan kata lain, JR Pass memang dijual untuk para traveler yang hendak mengunjungi Jepang untuk berwisata. Jika Anda merencanakan perjalanan Anda ke Jepang, sangat mungkin bahwa Anda telah memikirkan tentang bagaimana Anda akan berkeliling begitu Anda berada di sana.

Anda bahkan mungkin pernah mendengar tentang Shinkansen kereta peluru Jepang yang bergerak hingga 300km/jam (186mph). Tidak ada keraguan bahwa kereta api adalah metode transportasi terbaik di Jepang sebagai turis. Jaringan kereta di Jepang sangat besar, dan kereta-kereta itu presisi, cepat, dan nyaman.

Pada dasarnya JR Pass adalah pass perjalanan yang memungkinkan Anda bepergian tanpa batas dengan JR Train di seluruh Jepang. Satu-satunya pengecualian utama adalah tiga kereta komuter berkecepatan super tinggi, yang izinnya tidak berlaku. Namun jarak yang sama ditutupi oleh kereta peluru lainnya yang membuat beberapa pemberhentian lagi dan karenanya perjalanan sedikit lebih lambat.

Apa Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jr Pass?
Pass ini ada dalam versi 7, 14 dan 21 hari dan ada sebagai kelas standar atau "mobil hijau" yang pada dasarnya adalah kelas satu. Jadi mengapa ini sangat fantastis? Karena naik kereta di Jepang biasanya sangat mahal. Satu perjalanan pulang-pergi antara Tokyo dan Kyoto akan membuat JR Pass sepadan.

Selain itu, JR Pass juga mencakup Narita Express dari Bandara Narita ke Tokyo dan semua kereta JR lokal, termasuk yang ada di Tokyo serta kereta ke hampir semua tujuan yang dapat Anda bayangkan. Kebanyakan orang suka mengunjungi sedikit lebih banyak daripada Tokyo ketika di Jepang.

Cara menggunakan JR Pass di stasiun
Menggunakan JR Pass sangat mudah. Saat Anda ingin memasuki area naik kereta, Anda berjalan melalui konter pemeriksaan tiket manual, bukan yang otomatis. Di sini Anda menunjukkan kartu pass Anda ke inspektur tiket, dan Anda siap berangkat. Itu dia. Prosedur yang sama ketika Anda ingin meninggalkan area yang terjaga keamanannya. Pertama kali Anda menggunakan pass, biasanya akan dicap.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda harus menukar voucher Anda di salah satu stasiun kereta JR utama ketika Anda tiba di Jepang. Anda dapat menemukan daftar stasiun-stasiun itu di sini  dan peta di mana menemukan stasiun pertukaran utama. Itulah yang dapat kami jelaskan tentang JR Pass, semoga bermanfaat.