Jumat, 02 April 2021

4 Tips Merawat Tanaman Indoor di Kantor

Agar karyawan di gedung-gedung perkantoran tetap nyaman saat bekerja, sudah pasti di tiap ruangan sudah dilengkapi dengan AC gedung. Namun suhu udara yang rendah tentu dapat mengurangi tingkat kelembapan dalam sebuah ruangan. Tidak hanya berpengaruh terhadapat kulit manusia, tingkat kelembapan juga menjadi faktor penting bagi tanaman indoor untuk dapat tumbuh dengan baik. Jika Anda hobi menanam tanaman dan ingin meletakkannya di atas meja kerja, maka cari tahu dulu cara yang paling tepat untuk menjaga tanaman tetap hidup dan tumbuh dengan subur.

4 Tips Merawat Tanaman Indoor di Kantor

Yuk, simak tips mudah merawat tanaman indoor kesayangan Anda di kantor sebagai berikut!

1.      Seleksi tanaman indoor yang tepat

Tidak semua tanaman indoor mampu beradaptasi dengan suhu ruang yang dingin. Maka dari itu, lakukan riset sederhana terkait tanaman indoor mana saja yang cocok diletakkan di rungan ber-AC sebelum membelinya. Umumnya tanaman berdaun lebar merupakan pilihan yang tepat, namun terlepas dari itu, tanaman dengan akar yang kokoh dapat juga dijadikan sebagai pilihan. Beberapa jenis tanaman yang mampu bertahan di ruangan ber-AC adalah; Palm, Peace lily dan tanaman Lidah Mertua

2.      Posisikan tanaman dengan tepat

Sah-sah saja jika ingin meletakkan tanaman hias di atas meja, namun jika Anda memiliki opsi meletakkan tanaman hias dekat dengan jendela tentu akan lebih baik. Sesekali tanaman indoor tetap butuh cahaya matahari untuk bisa tumbuh dengan subur. Kamu bisa melakukan rotasi tanaman secara berkala untuk memastikan tanaman mendapatkan asupan matahari yang cukup. Meski tanaman indoor yang dipilih sudah aman berada dalam ruangan dingin, pastikan juga jangan meletakkannya tepat di bawah AC ya! Seperti yang sebelumnya dipaparkan, suhu rendah akan berpengaruh langsung terhadap kelembapan yang dibutuhkan tanaman tersebut.

3.      Siram tanaman secukupnya

Tidak semua tanaman indoor membutuhkan asupan air setiap hari. Bahkan beberapa tanaman cukup disiram seminggu sekali agar dapat tumbuh dengan baik. Maka dari itu, ketelitian saat melakukan riset tanaman indoor di awal sebelum membeli penting sekali dilakukan. Jangan sampai perawatan yang diberikan pada tanaman indoor yang dimiliki justru berdampak buruk bagi pertumbuhannya.

4.      Pemupukan dan pemangkasan

Tetap perhatikan nutrisi yang diterima oleh tanaman indoor kesayangan Anda. Gunakan kombinasi pupuk yang alami dengan pupuk buatan yang tinggi nitrogen dan kalium untuk kesehatan batang daun. Selain itu jangan lupa juga untuk melakukan pemangkasan terutama pada bagian tanaman yang rusak agar dapat menstimulus daun baru untuk bertumbuh.

Sekian tips merawat tanaman hias indoor dalam ruangan ber-AC. Menanam tanaman indoor memang tidaklah mudah. Meski begitu, selain memberikan kesegaran udara bagi ruangan, tanaman indoor pastinya akan semakin mempercantik ruang dan meja kerja Anda. Ditambah lagi dengan trend tanaman yang terus berkembang passti semakin membuat Anda tergiur untuk ikut merawatnya. Sudah menentukan tanaman indoor yang paling pas untuk kantor Anda?